Ikan Cupang ku Memijah


Ikan cupang ku memijah. Hahaha… Senang banget pas tau ikan cupang atau ikan laga saya memijah. Apa itu memijah ? Memijah artinya berkembang biak atau beranak pinak atau memperbanyak diri. Sudah hampir dua minggu saya dan teman saya si budi tapi bukan budi anduk sibuk mencari indukan ikan cupang yang siap dikawinkan. Ya, kami mencoba untuk belajar beternak ikan cupang atau betta fish. Memang sih kami belum berniat menjadi peternak ikan cupang profesional, tapi cuma mau belajar saja. Sudah dua minggu kami sibuk hunting penjual ikan cupang, selain itu kami juga mencari referensi untuk beternak ikan cupang di internet melalui jasa om google.
Tapi jujur, ternyata belajar lewat om google itu ga gampang. Karena saat kami melakukan pencarian lewat om google dengan keyword “cara beternak ikan cupang“, “beternak ikan cupang“, “mengawinkan ikan cupang”, dan berbagai keyword lainnya tentang ikan cupang. Memang kami menemukan banyak artikel tentang cara untuk mengawinkan ikan cupang. Tapi artikel tersebut tidak sama, antara satu arikel dengan artikel lain berbeda-beda langkah untuk mengawinkan betta fish.
Hingga akhirnya teman saya si budi anduk diberi kartu nama seorang peternak ikan cupang. Mulailah petualangan si bapak cupang ke sarang ikan cupang, hehehe… Sesampainya disana, wuiihhh…. sejauh mata memandang ikan cupang saja yang tampak. Memang ada beberapa ekor hewan lainnya disana, seperti ayam dan ikan koi yang sedang beranak. Tapi ratusan ikan cupang mendominasi tempat tersebut, dari si peternak sendiri kami mengetahui klo ikan cupang milik mereka sudah di ekspor ke negara lain seperti jepang, hongkong dan malaysia.
Dari sana saya mengetahui bahwa ada banyak jenis ikan cupang atau betta fish atau fighter fish ini. Mulai dari half moon, serit atau crown tail, plakat, lavender, giant, dan lain-lain. Disana kami mulai melancarkan pertanyaan seputar cara memijah ikan cupang. Kami pun juga melihat tempat pemijahan ikan cupang dan beberapa ekor ikan cupang yang sedang memijah. Setelah mendapat ilmu dan puas bertanya, kami pun membeli 2 ekor ikan cupang yang siap untuk dikawinkan. Kami pun menerapkan langkah-langkah untuk memijah ikan cupang. Ohya,  yang jaga peternakan ikan cupang tersebut berasal dari nias dan salah satunya semarga sama bang augusman zalukhu, mereka ramah lho, apa bang zal juga ramah ya ??? hehehe…
Diantara kami berdua si budi anduk yang paling beruntung, karena ikan cupang si budi sudah memijah dan sudah mulai menetas anaknya. Tapi alhamdulillah tadi pagi ikan cupang saya juga sudah memijah. Sekarang lagi bingung nyari makan untuk calon anak atau burayak ikan cupang saya ini. Karena makannya kutu air, dan nyari kutu air juga susah. Klo di kembang biakan juga susah. Sedikit tips dari saya untuk teman-teman yang mau belajar memijah atau beternak ikan cupang,
  • Untuk induk cari yang berumur 4 bulan atau lebih, atau badannya udah besar
  • Pilih calon induk yang sehat, karena klo ga sehat ya ga bisa dikawinin.
  • Ciri-ciri jantan yang segat adalah agresif jika ketemu lawan, bulu-bulunya mengembang saat ketemu lawan, gerakannya lincah, hanya memiliki satu warna karena klo warnanya belang hasil anakannya biasanya ga bagus, contoh klo warna merah ya merah aja ga ada warna lain.
  • Klo yang betina ciri utamanya adalah perutnya buncit, ada titik kecil bewarna putih di bawah perut, dasinya pendek(dasi ini adalah sirip dibawah perut), suka main didasar wadah.
  • Klo ga ketemu indukan seperti ciri-ciri diatas, mungkin bisa tanya penjualnya langsung, dan klo udah dapat saatnya menyiapkan wadah untuk melakukan pemijahan, wadah yang bisa anda gunakan adalah ember dengan ukuran 30 x 15 cm, akuarium kecil, toples, dll. Tapi saya lebih menyarankan menggunakan akuarium kecil yang berukuran 25 x 20 x 15(panjang x tinggi x lebar).
  • Setelah itu isi wadah dengan air setinggi 10 atau 15 cm, gunanya agar nantinya setelah telur menjadi burayak tidak sulit bernapas. Bisa pake air PAM, air tanah, dan air galon. Kasih di permukaan air tumbuhan untuk tempat jantan membuat gelembung, saya menggunakan plastik bening supaya kelihatan telurnya(info dari peternak cupang)
  • Induk sudah siap, wadah sudah ok. Saatnya melakukan pemijahan. Pertama masukan jantan kedalam wadah yang sudah berisi air, masukan betina kedalam wadah lain, bisa menggunakan wadah yang lebih kecil dari wadah pemijahan tapi harus transparan, letakan bersebelahan dengan wadah pemijahan. Gunanya agar si jantan bisa PDKT ama betina, dan biar si betina ga babak belur dihajar sama si jantan saat di satukan atau kawinkan, pengalaman klo ga digituin sibetina bisa mampus seperti yang di alami betina si budi anduk. Si jantan bisa didiamkan selama 1 jam, 12 jam atau sehari tergantung keagresifan si jantan terhadap sibetina.
  • Klo dalam 1 jam si jantan sudah tidak agresif lagi(seperti punya saya) baru masukan si betina ke wadah pemijahan, setelah itu tutup wadah. Gunanya supaya kedua induk ini ga malu, karena mereka malu juga lho klo lagi kawin di intip shocked . Setelah beberapa jam, si cupang jantan akan membuat gelembung kecil sebagai tempat meletakan telurnya. Ikan cupang biasanya kawin pada siang hari dan sore hari, klo ikan cupang saya kawinnya jam 11 siang tadi.
  • Saat ikan cupang kawin, mereka akan membengkokan diri satu sama lain. Setelah itu sibetina akan mengeluarkan telur dan mengapung seperti mati, si jantan kemudian memungut telur dan memasukannya ke gelembung yang sudah dia buat, bagian ini sangat asyik ngeliatnya karena hampir setengah jam saya jingkrak-jingkrak liat ikan cupang saya memijah, hahaha… exciting . Setelah semua telur terkumpul, biasanya si jantan akan mengusir si betina dari kumpulan telur. Disini, anda harus memisahkan betina dari wadah pemijahan karena pada saat ini sampai telur menetas tugas ikan cupang jantan lah yang menjaga telur-telur tersebut. Setelah itu tunggu selama kurang lebih 2 hari hingga telur tersebut menetas.
Itu sedikit tips dari saya untuk memijah ikan cupang, ohya pada hari ke-4 burayak harus diberi kutu air atau daphnia sebagai makanannya, karena cadangan makanan burayak hanya cukup untuk 3 sampai 4 hari saja. Selamat mencoba.

comment 0 komentar:

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© IKAN CUPANG | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger