Penyakit Ikan Cupang : Velvet Beludru

Velvet merupakan sejenis parasit. Apabila ikan anda mengalami penyakit dengan ciri badan ikan seperti ada sejenis beludru yang menutupi badan ikan maka ia dapat di pastikan terkena velvet, Penyakit ini sangat berbahaya dan dapat menjadi faktor utama kematian ikan cupang kamu. 

Untuk mengetahui gejala awal ikan yang terkena velvet mungkin agak sulit terlihat. maka untuk mengetahuinya kita bisa menggunakan senter untuk meneranginya. ikan yang terkena velvet gejala awalnya penyakitnya terlihat seperti warna keemasan atau warna karat dan sedikit terlihat beludru seperti serat-serat putih pada tubuh ikan. Ikan yang terkena velvet akan terlihat sakit, velvet ini biasanya suka menyerang bagian sirip ikan cupang dan si cupang akan merasa sangat kegatalan hingga mereka terlihat seperti gila karena bergerak tak karuan. mereka melakukan itu untuk gosokan badan mereka pada aquarium, krikil di dalam kolam ataupun yang lainnya untuk menghilangkan rasa gatalnya, hilangnya nafsu makan & kehilangan warna cerahnya.

Untuk perawatannya cukup menjaga kebersihan kolam, bejana atau aquarium kamu itu sangat penting. dan untuk mencegahnya dengan selalu memberikan garam pada bejana kita, misalnya dengan menaruh 1 sendok teh garam untuk 2 galon air, ditambahkan satu tetes aquarisol pergalon, ini dapat di pastikan ikan anda tidak akan terkena penyakit velvet beludru. 

PERHATIAN
 penyakit beludru atau velvet ini SANGAT MENULAR jadi sebaiknya apabila ikan cupang kita masih di campur di dalam kolam sebaiknya langsung di pisahkan atau di isolasikan ketempat yang lain untuk perawatan. harap di ingat juga kalu kita bersentuhan dengan air atau ikan cupang yang terkena penyakit ini setelahnya kita harus cuci tangan kita dengan bersih agar kita tetap sehat & mencegah penularan apabila kita ingin bersentuhan dengan air di kolam ikan yang lain agar tidak terkontaminasi.

Ini jawaban untuk teman saya Chibi

Semoga dapat membatu...

comment 6 komentar:

aries cari uang di malang mengatakan...

mas ikan cupangku yang kemarin beli di kamu 1000 ekor, tiga hari udah habis, aku ingin bilang. BERTA MANIA, MANTAAAAAAP.

Admin mengatakan...

hehehehehe, wah bagus itu nda.

Anonim mengatakan...

Mas.. klo untuk pesenan ke Jakarta.. kira-kira gimana ya.. butuh sih ga banyak untuk starting awal bru 100ekor.. harganya gimana apa udh masuk sama ongkos kirim ke Jakrta..

Admin mengatakan...

kalau ongkis kirim nanti lihat kota nya dulu mas.

Anonim mengatakan...

Ok Mas Anton.. sementara ini aku sih butuh blm banyak.. 100 - 200 ekor, bisa tolong hitung ga harganya termasuk ongkos kirim ke jakarta.. tolong lsg ke japri ku aja ya sammy_bdiaz@yahoo.com

Admin mengatakan...

ikan cupang nya jenis serit atau bulan.

Posting Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© IKAN CUPANG | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger