Macam-Macam Penyakit pada Ikan Cupang & Penanggulangannya

Pada kali ini saya akan menerangkan tentang penyakit pada ikan cupang kesayangan kita sekaligus cara penanggulangannya, berhubung juga ada yang tanya tentang penyakit ikan cupang pada matanya yang mengelembung (Pop eyes) saya akan terangkan untuk teman-teman & khususnya untuk Chibi yang nanya ke saya. Ok... kita mulai saja.

Penyakit Ikan Mata Menonjol (Pop Eyes)

Penyebabnya adalah oleh infeksi virus. ada dua macam virus yang biasa menyerang ikan hias, yakni Ephithelioma papulasum & herpes. serangan virus pertama menyebabkan cacar, berupa bercak putih yang secara berlahan membentuk lapisan lemak berlendir dan berwarna transparan, jika serangan terjadi di mata, dapat menyebabkan pembengkakan pada bola mata. sementara itu, virus herves adalah virus yang sangat ganas yang bisa menyebabkan kematian masal.

virus merupan mikro oraganisme yang tidak bisa dilihat dengan mata telanjang. organisme ini merupakan mahluk yang unik karena mereka tidak mempunyai pencernaan, sehingga untuk hidup dan berkembang biak mereka harus hidup di atas inangnya yang kali ini adalah ikan kita. virus dapat berkembang biak di dalam organ pencernaan sel inang. sekaligus memproduksi asam nukleat dalam kebutuhan hidupnya, Didalam tubuh inangnya virus membentuk selubung protein yang disebut capsid. setiap virus memiliki capsid yang berbeda. sehingga ada virus yang tidak dapat di imunisasi akibat capsidnya dapat berubah-ubah. padahal, capsid inilah yang menjadi pertahanan tubuh virus.

Kerusakan akibat virus dpat merusak jaringan sel yang cukup luas. dan dapat menyebabkan kematian dalam tempo yang relatif cepat. inveksi virus yang menyebabkan infeksi sekunder dapat melemahkan tubuh ikan.

Penanggul
angannya mudah saja yaitu dengan merawat kebersihan kolam atau bejana tempat kita memelihara ikan kesayangan kita, untuk mencegah ikan tertular dengan yang sakit jangan campurkan ikan sehat dengan ikan yang sakit, sesegera mungkin singkirkan ikan yang sakit ke wadah yang lainnya, apabila diketemukan ikan yang sudah atau mungkin terserang penyakit ini, ya.. untuk jaga-jaga saja.

Pengobatan akibat serangan virus Epithelioma papulasum bisa menggunakan arsenik yang di larutkan kedalam senyawa arycil dengan dosis 1 mllarutan arsenic 1% dicampur dengan senyawa arycil dengan konsentrasi 5%. selanjutnya, campuran kedua cairan tadi di suntikan ke dalam tubuh ikan yang terserang penyakit sebanyak 3 kali selang 1 hari.

sebenarnya belum ada obat yang benarbenar efektif untuk mengobati pop eyes yang di sebabkan oleh serangan virus herpes. cara yang terbaik adalah dengan imunisasi virus herpes yang telah di lemahkan. selain itu, cucilah kolam menggunakan klorin, keringkan kemudian jemur selama 10 hari agar virus & kuman yang masih tersisa di kolam ikan mati barulah isi air lagi kolam dengan air yang baru.

ok.. begitu saja keterangan dari saya...mudah-mudahan dapat berguna untuk teman-teman

comment 3 komentar:

cupang sby mengatakan...

ini nich yang aku cari. terima kasih pak anton atas infonya.

anton satria kediri on 5 Februari 2011 21.56 mengatakan...

jangan lupa pakai aplikasi obat super terta yang harganya 1 butir 1000an. nanti di aduk di airnya hingga rata.

Anonim mengatakan...

walaahh bro...iklannya nutupin artikelnya tuh..piye iki...!

Poskan Komentar

Delete this element to display blogger navbar

 
© IKAN CUPANG | Design by Blog template in collaboration with Concert Tickets, and Menopause symptoms
Powered by Blogger